Boyongan Saka Si Panji Secara Estafet

Boyongan Saka Si Panji Secara Estafet

Kalibagor, (12/02/18). Serah terima Saka Guru Sipanji dari Camat Banyumas Bapak Ahmad Suryanto kepada Camat Kalibagor Bapak Siswoyo, di Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor pada hari Minggu (11/2/2018).

 Serah Terima Saka Guru Sipanji dari Camat Banyumas yang di bawa dari  Pendopo Duplikat Sipanji sekitar jam 11  kepada Camat Kalibagor dan para peraga yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa dan Instansi yang ada di wilayah Kecamatan Kalibagor secara estafet dengan berjalan kaki.

 Saka Guru berjumlah 3 saka yang dibawa oleh 16 orang setiap satu saka di bawa oleh 4 orang. Untuk wilayah kecamatan Kalibagor dibagi tiga pos yang secara bergantian di tiap posnya. Sebanyak tiga saka diboyong dari Banyumas, dan satu saka (Saka Sipanji) seakan-akan sudah dibawa sebelumnya ke arah timur tidak melewati sungai serayu dan ketemu di Alun-alun Purwokerto dari arah barat.

 Untuk Pos Pertama sebagai penanggungjawab Ofan Kepala Desa Kaliori di halaman garasi Bus Brillian, Pos 2 penangungjawab Handoyo Kepala Desa Srowot di Gerbang Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor dan Pos 3 dengan penanggungjawab Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor di depan gerbang Perumahan Diamond Kalibagor.

 Dari ketiga pos secara bergantian baik untuk pembawa maupun peraga yang lain menuju pos yang ada di Korem Sokaraja yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Desa Sokaraja Kidul oleh Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor untuk dilanjutkan estafet menuju ke Purwokerto.

 Dalam perjalanan boyongan saka guru Sipanji untuk wilayah kecamatan di tiap Pos dimeriahkan oleh masyarakat, ada hiburan tari Anoman dari Desa Kaliori, Kentongan dan para penggembira lainnya.

 Selain diiringi seni tradisional LINMAS inti kecamatan Kalibagor turut serta mengikuti prosesi boyongan saka siPanji, sepanjang jalan anak-anak sekolah dan masyarakat antusias sepanjang jalan untuk melihat prosesi Rengos ditahun 2018, yang merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Banyumas ke 447.

Related Posts

Komentar